Minggu Pertama 12-14 Juni 2008 di STO Palangkaraya

Minggu pertama magang dapat bagian e-care . E-care adalah program yang menampung gangguan telpon. Disini adalah eksekusi treakhir setelah melewati program SISKA (Sistem Komunikasi Data), maksudnya apabila ada gangguan yang dilaporkan oleh pelanggan melalui 147 atau plasa telkom akan dikirim terlebih dahulu ke MDF atau bias disebut tempat pen- jumperan kabel dan kemudian dikirim ke jaringan siska yang sudah dikelompokkan, setelah itu diterima oleh jaringan SISKA yang akan mencetak gangguan dan memberikan kepada petugas lapangan. Setelah gangguan tersebut selesai dikerjakan maka jaringan SISKA harus meng-closing gangguan dan seterusnya akan muncul secara otomatis di program e-care. Langkah terakhir adalah meng-closing gangguan di program e-care dengan cara menelpon pelanggan yang mengalami gangguan. Disini kita dituntut untuk peduli terhadap pelanggan. Minggu pertama dapat bagian e-care, nelpon pelanggan yang mengalami gangguan sebanyak 45 pelanggan, melayani pelanggan yang komplai gangguan, menyetak SPK (Surat Perintah Kerja) pasang baru dan cabutan telpon/speedy melalui program SISKA. Hari Sabtu kita ditawari turun ato nggak sama Manajernya, tapi kita turun soalnya kita pengen ikut turun kelapangan untuk membersihkan RK (Rumah kabel), kita bagian IT ikut memelihara RK dengan cara pemberian lilin dipermukaan RK agar air didalam tanah tidak naik keatas permukaan RK dan pembersihaan RK.

Minggu Kedua 16 – 20 Juni 2008

Meng-closing gangguan dan telpon pelanggan yang mengalami gangguan sebanyak 136 pelanggan , monitoring Trouble Ticket Speedy melalui telpon kepada petugas lapangan yang khusus menangani gangguan Speedy. Mencetak dan mengecek SPK cabuatan dan pasang baru telpon atau speedy melalui program SISKA. Mengubah status no. telpon melalui MEIDA.

Minggu Ketiga 23- 27 Juni 2008

Minggu ketiga dirolling dapat dibagian Jaringan SISKA. Tugasnya dibagian ini beda kaya sebelumnya, disini kita mengclosing gangguan melalui program SISKA. Selanjutnya gangguan tersebut dicetak dan diberikkan kepada petugas lapangan agar mereka mengetahui alamat dan primer dan dp berapa no. telpon itu dipasang. Setelah dicetak kemudian disalin kedalam buku Log Book MU4/ gangguan Jarlok. Dalam seminngu terdapat 90 gangguan dan mencetak SPK sebanyak 90 juga. Cetak mutasi no. telpon sebanyak 12 no. telpon pelanggan dan kemudian disalin kedalam buku Log Book Mutasi Jarlok dan sama halnya dengan mencetak SPK pasang baru telpon dan Speedy sebanyak 25 telpon dan 19 Speedy, kemudian di salin kedalam buku Log Book pasang Baru jarlok. Monitoring informasi terbaru atau pemberitahuan petugas lapangan kepada petugas jaringan SISKA melalui Radio atau bias disebut HT. Biasanya petugas lapangan meminta informasi tentang data Primer, Sekunder dan isi dp yang dapat kita lihat di program SISKA. Selanjutnya saya diminta untuk menginputkan data primer da sekunder RS, RW, RB…

Minggu Keempat 30Juni-4 Juli 2008

Ditepatkan di MDF disini tempat penjumperan kabel telpon. Jdi disini diharapkan berhati-hati agar tidak salah jumper kabel telpon, apabila terjadi kesalahan kita dapat mengeceknya dengan test phone. Minggu ini ada 300 cabutan telpon dan 200 untuk pasang baru telpon biasa maupun speedy. Minggu ini saya banyak diminta untuk menginputkan data di BAMS (Broadband Access Measurment Sytem) disini saya diiminta untuk menginputkan panjang kabel telpon dari STO ke dp-dp yang terdapat di gambar. Dp-dp nya antara lain RG dan RM, didaerah pangkalanbun dan sampit. Datanya masing-masing berjumlah kurang lebih 70 dp. Dan ada juga menginputkan data alamat RK setiap nomor telpon yang sudah lama nunggak bayar telpon melalui program SISKA, jadi alamat RK memudahkan untuk mencabuut jumperan telpon bagi petugas di lapangan.